Menambahkan Meta Keyword dan Meta Description di Blogspot

Sebelum sampai ke Meta Keyword dan Meta Description, saya informasikan dulu tentang pengertian Metadata. Pengertian Metadata secara sederhana menurut saya adalah data tentang sebuah data, baik itu data teks, foto/gambar, suara. Sebagai contoh dalam sebuah foto yang diambil menggunakan kamera, akan memiliki metadata berupa tanggal pengambilan gambar, jenis kamera yang digunakan, ukuran gambar, kecepatan pengambilan gambar, dsb. Untuk suara, memiliki metadata berupa, nama penyanyi, album, nama lagu, urutan lagu (track), jenis lagu, dsb. Metadata ini dapat kita lihat salah satunya melalui File Explorer, dengan mengklik kanan file tersebut dan memilih Properties (pilih Summary > Advanced).
Demikian juga dengan Meta Keyword dan Meta Description, kedua meta ini juga bentuk aplikasi/visualisasi dari Metadata. Sesuai namanya, Meta Keyword adalah kata kunci yang mewakili isi/konten dari website/blog, jadi Meta Keyword sendiri berisi kata-kata atau frase tertentu, sebagai contoh pada sebuah web/blog yang berisi tentang teknologi ponsel GSM, maka keyword (kata kunci) yang bisa mewakili antara lain: GSM, ponsel, 3G, 3.5G, GPRS, EDGE, symbian, Nokia, Sony Ericsson, Samsung, dan seterusnya. Meta Keyword ini sendiri bisa membantu peningkatan kunjungan ke website/blog melalui search engine, karena kata kunci yang kita buat dalam Meta Keyword juga menjadi salah satu bagian yang diindeks oleh search engine. Semakin tepat kita memilih kata kunci, maka akan membantu dalam SEO (Search Engine Optimization).
Sedangkan Meta Description sendiri adalah deskripsi singkat (resume) dari website/blog, jadi Meta Description ini berisi informasi singkat tentang website/blog.
Kedua meta tersebut (Meta Keyword dan Meta Description) dipasang pada bagian HEAD sebuah website/blog. Format penulisan Meta Keyword dan Meta Description adalah sebagai berikut:
1.<meta name='keywords' content='keyword 1,keyword 2,keyword 3,keyword 4,dst'/>
Penulisan kata kunci (keyword) 1 dan seterusnya dibatasi dengan tanda koma ‘,’.
1.<meta name='description' content='informasi singkat website/blog'/>
Adapun cara untuk memasang Meta Keyword dan Meta Description pada Blogspot ini cukup mudah, pertama kita harus masuk ke Panel Admin Blogspot dan masuk ke menu Layout kemudian Edit HTML.
Selanjutnya masukkan Meta Keyword dan Meta Description di dalam bagian HEAD.
Kemudian simpan template dan selesai.
Buat temen-temen yang memiliki blog atau ingin membuat blog dan kebetulan belum memanfaatkan Meta Keyword dan Meta Description ini silakan mencobanya. Semoga bermanfaat.

sumber : ariawijaya.com

No comments:

Post a Comment