Mengenal Bunyi "beep" pada Motherboard


Pernahkah kalian tiba-tiba komputer mati???atau ada bunyi beep berkali-kali??tentu hal itu membuat kita cemas. kali ini akan saya share tentang bunyi beep pada komputer. Mari kita telusuri gan..
Gejala :
1. 1 kali bunyi beep pendek : kemungkinan besar refresh memory RAM gagal. System gagal dalam refresh memory. ( untuk yang ini , computer yang baik,bunyi satu kali beep juga ada, jadi perlu dikoreksi.)
2. 2 kali bunyi beep pendek : kemungkinan ada masalah pada memory RAM atau pada mainboard yang menyebabkan kegagalan parity.
3. 3 kali bunyi beep pendek : slot memory dalam modul mungkin mengalami kerusakan pada chip sehingga menyebabkan kegagalan memory 64kb
4. 4 kali bunyi beep pendek : kemungkinan terbesar adalah kesalahan pada satu atau beberapa system timer yang berguna untuk mengontrol fungsi-fungsi pada mainboard.
5. 5 kali bunyi beep pendek : kemungkinan kegagalan fungsi pada processor yang disebabkan oleh panas tinggi atau kedudukan tidak benar pada posisinya.
6. 6 kali bunyi beep pendek : kegagalan chip controller keyboard pada mainboard. Chip ini berguna mengendalikan keyboard.
7. 7 kali bunyi beep pendek : kemungkinan terbesar adalah terjadi kerusakan fisik pada processor , atau posisinya tidak tepat.
8. 8 kali bunyi beep pendek : kesalahan eksekusi pada memory display adapter.
9. 9 kali bunyi beep pendek : kemungkinan chip BIOS mengalami kerusakan
10. 10 kali bunyi beep pendek : masalah terjadi pada program BIOS.
Semoga bermanfaat buat agan2 semua...
Originally taken from agussale.com

No comments:

Post a Comment