Software Pendeteksi Unknown Device di Windows

Mungkin hal yang paling menyebalkan bagi seorang pemilik sebuah komputer aka PC adalah bila ada perangkat hardware seperti sound card, kartu grafis, mouse dan lain-lain di komputernya yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sebuah sistem operasi misalnya OS Windows.
Bagaimana tidak kesal, karena bila ada hardware yang tidak terdeteksi atau yang disebut sebagai unknown device, maka hardware tersebut hanya menjadi seperti barang rongsokan yang tidak dapat digunakan, padahal sudah terpasang dengan benar di komputer.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah perangkat hardware (device) tidak berjalan semestinya, diantaranya karena:
* Device tersebut tidak memiliki (software) driver.
* Driver yang tidak sesuai dengan tipe hardware.
* Driver sudah tidak update, misalnya driver untuk Windows XP yang tidak lagi berjalan di Windows Vista atau Windows 7.
* Device ID tidak dikenal karena tidak ada dalam database driver Windows.
* Kesalahan hardware atau cacat dari pabrik.

Hardware yang tidak terdeteksi tersebut biasanya akan terlihat pada daftar hardware di Device Manager di Windows sebagai UNKNOWN DEVICE, yang ditandai dengan icon tanda seru berwarna kuning.

Untuk membantu mengatasinya, mungkin bisa digunakan software yang memang dikhususkan untuk mendeteksi hardware yang tidak punya supir ini :D, di antaranya adalah software Unknown Device Identifier (UDI) dan software Unknown Devices (UKD).
UDI :
Software ini akan mengidentifikasi device yang tidak dikenal di Device Manager dan memberikan detail keterangan cukup rinci seperti manufacturer name, OEM name, device type, device model dan juga bisa secara tepat menginformasikan nama dari sebuah unknown device.

Dengan data tersebut, pemilik komputer bisa mencari driver yang tepat baik dengan kontak langsung vendor yang bersangkutan atau mencarinya langsung di internet dengan klik Find Driver.


Unknown Device Identifier (UDI) bisa digunakan pada Windows 95, Windows 98, Windows 98SE, Windows Me, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, and Windows 7.
link download UDI : download

UKD :
ungsinya mirip dengan UDI, yaitu mendeteksi unknown device untuk selanjutnya menginformasikan secara detail hardware yang terbaca sehingga pengguna bisa mendapatkan driver yang sesuai.



Unknown Devices (UKD) terakhir kali dirislis pada tahun 2007, dan bisa berjalan di Windows 95 sampai dengan Windows Vista. Kemungkinan di Windows 7 juga bisa digunakan. Software ini berupa portable application, jadi tidak perlu diinstal bisa langsung dijalankan.
Link UKD : download

1 comments:

  1. Software Pendeteksi Unknown Device Di Windows - Komputer And Internet >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Software Pendeteksi Unknown Device Di Windows - Komputer And Internet >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Software Pendeteksi Unknown Device Di Windows - Komputer And Internet >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Xf

    ReplyDelete