Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Yang Rusak


Sudah lama sekali saya tidak pernah sharing tips-tips komputer buat sobat semua dan kali ini postingan saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki HardDisk PC/Laptop yang rusak/error/bad sector baik disengaja ataupun yang tidak disengaja, tips ini bukan murni dari hasil percobaan saya karena belum ada korban HDD yang rusak untuk diperbaiki dan menurut sumber dari yang punya tips ini sudah pernah dicoba dan work 100% walaupun saya sendiri belum menguji coba, paling tidak informasi tips ini sebagai pegangan buat kita semua bilamana suatu saat nanti kita mendapatkan masalah yang sama pada HDD kita. dan tidak banyak bicara untuk segera masuk kepembahasannya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Salah satu penyebab dari komputer sering hang, komputer restart sendiri dan terjadinya tampilan bluescreen adalah terdapatnya masalah / kerusakan pada hardisk komputer.

Kerusakan pada hardisk ini diantaranya disebabkan karena sering dimatikannya komputer tanpa perintah shutdown dan karena gangguan pada aliran listrik seperti matinya listrik secara tiba-tiba atau terjadinya lonjakan pada tegangan listrik seperti yang biasa terjadi ketika adanya petir saat hujan.

Selain itu faktor usia (lifetime) dari hardisk itu sendiri juga merupakan hal yang dapat mempengaruhi performa dari hardisk. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Memperbaiki Hardisk menggunakan Perintah {run=windows+R}Checkdisk/ CHKDSK.EXE.

Checkdisk merupakan tool bawaan Windows yang dapat kita gunakan untuk menguji dan memperbaiki kondisi hardisk. Menjalankan perintah Checkdisk secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk merawat dan meningkatkan kinerja komputer.  Umumnya cukup dengan perintah Checkdisk / CHKDSK ini kita sudah dapat memperbaiki keruksakan pada hardisk seperti bad sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors. Perintah Checkdisk dapat kita jalankan dengan 2 cara yaitu lewat Command Promt dan lewat My Computer atau Windows Explorer.


1. Menjalankan perintah CHKDSK pada Command Prompt.
  • Pada tampilan Command Prompt [cmd]ketik perintah: CHKDSK D: 
  • Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive D dalam mode read-only.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F
  • Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R
  • Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.

2. Menjalankan perintah CHKDSK pada My Computer atau Window Explorer.
  • Buka Windows Explorer, atau My Computer.
  • Klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
  • Klik tab Tools, pada pilihan Error Checking klik Check Now..
  • Jendela Check disk option akan tampil.


  • Untuk menjalankan Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start.
  • Untuk merepair error pada file system, check Automatically fix file system errors,
  • Untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors,
  • Anda juga dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.
  • Apabila muncul pesan : Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process.  Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) ketik Y dan Enter.
  • Apabila muncul pesan:  Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y, dan ENTER lalu restart komputer untuk menjalankan Scandisk.


Untuk memperbaiki hardisk menggunakan utility Checkdisk/perintah CHKDSK ini ada beberapa metode yang bisa kita lakukan, yaitu:

  1. Apabila komputer masih bisa booting dan login ke windows maka kedua cara untuk menjalankan CHKDSK.EXE tersebut diatas (melalui command prompt maupun Windows Explorer) dapat kita lakukan.
  2. Apabila Hardisk tidak bisa booting, maka kita harus mengambil hardisk tersebut dan memasangnya  pada komputer yang lain, baru kemudian menjalankan perintah Checkdisk/CHKDSK.
  3. Menggunakan CD Setup Windows dan jalankan perintah CHKDSK melalui Menu Recovery Console..
  4. Menggunakan CD UBCD4WIN. Caranya klik Start - Program - Disk Tools - Diagnostic, klik Check Disk.

Demikianlah Cara memperbaiki hardisk menggunakan utility bawaan Windows: Checkdisk/CHKDSK.EXE ini, Semoga bisa membantu...

3 comments:

  1. sedikit share dari saya cara lain memperbaiki harddisk bisa dilihat di
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/09/cara-diagnosa-kerusakan-harddisk-cara.html
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual notebook Hp

    HP 14-r018TU Win 8.1
    Price Rp 3.899.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosessor > Intel Celeron Dual-Core N2840 (2.16 - 2.41 GHz, 1 MB L2 Cache)
    Sistem Operasi > Windows 8.1
    Tipe Grafis > Intel HD Graphics
    Ukuran Layar > 14"
    Harddisk > HDD 500GB
    Memori (RAM) > 2 GB
    Optical Drive > DVD RW
    Web Camera > Standard Web Camera
    Microphone Built-in > Ada
    Speaker Built-in > Ada
    Audio > Integrated Dual Speakers
    Networking > Bluetooth 4.0, Ethernet 10/100 Base T, Wireless Integrated IEEE 802.11b, > Wireless Integrated IEEE 802.11g, Wireless Integrated IEEE 802.11n
    Antar-Muka (Interface) > 1x Combo (In & Out) Audio Jack, 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, Card Reader > Port, HDMI Port, RJ-45 Port, VGA Port
    Baterai > 4 Cells, Lithium-Ion
    Dimensi (W x D x H) > 34.5 x 24.4 x 2.53 cm
    Berat > 1.9 Kg
    Warna > Hitam
    Garansi > Resmi 1 Tahun


    Kunjungi website kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete
  3. om/tante admin...
    mengenai harddisk bad sector yang diperbaiki, biasanya bila perbaikannya sukses, berapa persen performa harddisk yang terselamatkan ?
    kebetulan saya baru banget buka usaha penjualan komputer rakitan, sekiranya artikel-artikel mengenai komputer akan menjadi nilai tambah. Mohon jawabannya ya...

    trims,
    Butik Komputer

    ReplyDelete